Ada banyak alasan mengapa pebisnis online harus nyemplung dalam sosial media. Buat yang belum mencobanya, ada beberapa manfaat yang patut diketahui. Bagi pelaku bisnis online, manfaat yang didapat diantaranya adalah:
1. Membangun brand dan menumbuhkan minat calon pembeli.
Sejak Facebook, Twitter dan YouTube mengambil alih perhatian sebagian besar kehidupan warga dunia, itulah saat yang tepat buat memperkenalkan produk Anda. Di mana ada kerumunan orang, disitu ada peluang buat jualan. Kalau tempat ketemunya di situs jejaring sosial, Anda mestinya fleksibel dan bisa menyusup diantara mereka. Dalam perkembangannya, interaksi dengan user lain adalah hal yang penting dalam menumbuhkan loyalitas buat berkunjung ke website Anda.
2. Mengintai kekuatan pesaing.
Jangan sampai Anda ketinggalan info perkembangan terbaru dari para kompetitor produk Anda. Coba follow atau add friend pesaing Anda, dengan sedikit trik supaya nggak ketahuan tentunya. Ini bukan sekedar acara memata-matai pasangan seperti tayangan reality show di tivi, tapi ini penting supaya Anda nggak ketinggalan langkah terhadap inovasi produk dan trik promosi pesaing.
3. Menempatkan produk dalam posisi lebih manusiawi dan interaktif dengan calon pembeli.
Sejak adanya internet, tampilan website dimana-mana seolah dihujani oleh iklan-iklan yang bikin sebel pandangan mata. Anda bisa mengganti hal ini dengan diskusi interaktif dengan membiarkan calon customer bertanya hal-hal yang mendasar sekalipun. Tanya balik apa keinginan dan harapan mereka jika disodori produk Anda. Kegiatan ini akan memberi input yang berguna untuk perbaikan ke depan.
Bagaimana dengan Anda, apakah sudah mendapatkan manfaat tersebut? Silakan berbagi pengalaman disini.