Saturday, January 12, 2013

Berbagi Koneksi Antar Komputer dengan jaringan Wifi / Wlan

Pertanyaan yang sering gue dapetin dari temen, yang akhirnya secara masal gue jawab, untuk shared data, inet, database etc KE dua atau beberapa komputer itu dapat dilakukan dengan berbagai cara, cara itulah yang disebut network connection.

Dahulu kala hal yang serupa juga pernah gue alami dengan komputer gue yang jadul dan notebook gue, kemudian tiba2 beberapa sahabat gue mampir kerumah dengan membawa beberapa perangkat seperti notebook laptop dan hp smartphone, biasa numpang ngenet gratis sekalian ngopi gratis juga. hahaha100x


Maklum gue sering bagi2 jaringan gue sendiri buat mereka yang kekurangan,,, wkkkkk, 
sampai disini gada masalah enjoy aja kan, semua berjalan seperti biasa dan normal. sampai akhirnya tidak normal dan timbul masalah.

Suatu hari router gue rujak bebek, alias rusak, wuih notebook gue off inet seharian, temen2 ga bisa ngenet, adik gue ga bisa facebookan, Awkkkkk..... karena router gue kebakar.
mau beli emmhhh... mikir lagi sebenarnya masih ada cara lain yaitu dengan menggunakan kabel lan rj45.

Oke beberapa kabel gue siapkan dan gue potong2, sambungin network trus ada komplain dari teman gue bb-nya ga bisa konek wifi, oh iya gue lupa, akhirnya gue install connecttify-me.
Nah buat kalian yang belum tau apa itu Connectify-me kali ini harus tau.
Connectify-me adalah sebuah software yang sangat berguna untuk share data ( membagi jaringan ) dengan perangkat lain dengan menggunakan wifi. misalnya : di laptop anda yang ada wifinya, install aja connectify-me maka perangkat lain bisa internetan dengan connect wifi ke laptop anda. bisa dibilang istilahnya mirip seperti router lah, kurang lebih gitu.

Sampai disini gada masalah kan, Owh.. masih ada masalah, ternyata gue dapet clu kalau bahasa anak phreaker kurang lebih kaya gitu, atau gue dapet proxy gratis internet, atau gue puya software gratis internet atau apalah itu yang pasti ga tau apa namanya.

Muncul masalah baru RJ45 ga bisa digunakan keteranganya network cannot apalah ..... pada setingan properties->advance.
Oke matilah laptop dan perangkat gue yang terhubung ke 1 komputer itu dengan rj45 ( all ), trus Connectify-me juga ga bisa connect karena dia requestnya ke port 80, dan tentu saja kalau anda menggunakan port lain diluar tu maka connectnya langsung ke 80, kalau pake modem ya ke modemnya bukan ke software lo.

Gimana dong? oke akhirnya gue install proxyfier untuk melocalkan port yang disoftware tadi, ih ternyata bener2 ga bisa juga, sampai akhirnya buka2 vb6 yang sudah usang dengan membuat 3 buah window socket.
bla-bla-bla jadilah sebuah aplikasinya dan insyaAllah bisa digunakan.

Gue install di komputer server gue. dengan port 8080 trus, semua perangkat yang terhubung dengan connectify harus mengeset proxy mereka dengan ip server gue dan portnya ke 8080.
Beres masalah gue udah. buat kalian yang memiliki masalah yang sama bisa menggunakan trik ini, silahkan  di download di : 

Description: Berbagi Koneksi Antar Komputer dengan jaringan Wifi / Wlan Rating: 4.5 Reviewer: ukungzulfah - ItemReviewed: Berbagi Koneksi Antar Komputer dengan jaringan Wifi / Wlan Posted by: Get Answer
Get Answer, Updated at: 2:20 PM