Sunday, June 1, 2014

Berkenalan dengan Node js sebelum belajar dasar node js




Sampai sekarangpun saya masih terus mendalami Nodejs, banyak persepsi tentang nodejs dibuat atau lintas pendapat, setiap orang bebas mengexpresikan pendapat mereka sesuai dengan asumsinya masing masing karena pemograman apapun adalah perhitungan, it is logic tapi semua dengan argument yang berbeda-beda.

Nodejs dengan javascriptnya yang di buat dengan Javascript Engine V8 buatan google berhasil mengubah pandangan saya antara server dan client, web browser dan native application, semuanya terasa sangat dekat dan akrab, kecepatan yang fantastis, kemudahan dalam penulisan koding dan kemampuan dengan berbagai kondisi dengan API nya. sebagai catatan saja kalau menurut saya, saya suka Java, Php, Phython, Net dll tapi Node menurut saya hadir dengan Gayanya yang berbeda. jadi inget motonya java "sekali tulis untuk semua" ini yang paling kental saya lihat di Nodejs. bukan berarti yang lain tidak bisa tapi memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.
Contohnya, untuk urusan webserver sampai saat ini saya tetap setia dengan PHP karena kemudahan dengan berbagai paket yang telah di build didalamnya. ( PHP Indonesia G+ ), kemudian untuk Native Dekstop app saya setia dengan Java karena apinya yang lengkap dan Swingnya yang bagus. apalagi kalau C dengan kekuatanya HULK.
nah bedanya kalau di Node walaupun ada beberapa API yang secara default sudah di include didalamnya kita tetap membutuhkan node modul ( NPM ) lainya, pertanyaanya kenapa ga sekalian aja dibuild kaya PHP jadi satu atau java, saya akan katakan justru ini kelebihanaya dimana kita tidak membutuhkan paket yang tidak kita gunakan sehingga program akan berjalan secara maximal menghemat memori dalam memproses data, kalau di PHP banyak yang mengibaratkan dengan Ngink. semua diserahkan kepada kita sebagai Develover mau dibuat apa dan seperti apa, makanya dengan Nodejs kesalahan kecil bisa menjadi fatal *inget crash yang terjadi dengan chrome versi lawas. tapi untungnya banyak framework yang sudah memikirkan hal itu agar tidak terjadi walaupun kemungkinan akan selalu ada.

Hal menarik lainya adalah ketika kita berurusan dengan socket, sebagian pasti pernah berurusan dengan jurus yang satu ini, socket di C sangat sulit saya pahami biasanya untuk kebutuhan service kalau di VB dan C kita akan diarahkan ke Window Socket, di Nodejs saya mendapatkan kemudahan mulai dari penangan Event dan bagaimana handlernya kemudian menanganinya dengan emit sendiri dll sampai hampir tidak percaya ini dapat bekerja dengan baik.

Jadi bagaimana apakah anda tertarik dengan Node.js, uraian diatas merupakan asumsi saya, saya juga membebaskan anda menulis asumsi asumsi anda di forum ini tentang Nodejs berbagi pandangan membuka pemahaman tentang Nodejs untuk sahabat-sahabat kita di indonesia yang ingin mempelajarinya yang jumlahnya masih sangat sedikit.

Salam Nodejs Indonesia

ukungzulfah


Content di copy dari Nodejs Indonesia

Description: Berkenalan dengan Node js sebelum belajar dasar node js Rating: 4.5 Reviewer: ukungzulfah - ItemReviewed: Berkenalan dengan Node js sebelum belajar dasar node js Posted by: Get Answer
Get Answer, Updated at: 9:43 PM